Senin, 27 Juli 2009

Serba-serbi Angkot di Semarang

Kalo ngomongin angkot di Semarang, gw belum banyak ngerasain angkot di Semarang sih... Maklum, baru 2 bulan di sini. Tapi gw punya pengalaman yg.... mungkin gak ada salahnya buat dibagi ke lo semua.
Suatu hari gw naik angkot dari depan gang kosan gw mau ke Johar, mau pulkam ceritanya. Sesampainya di Johar, gw bayar 2500. trus terjadilah percakapan antara gw dan spoir angkot.
Sopir : Mas, dari Sampangan 3000.
Gw : Ah, biasanya 2500. udah sering Mas (sambil ngasih kurangnya)
Sopir : Udah sering udah sering... (sambil ngomel2 gak jelas)
Gw pun dalam hati menggerutu. Huh, dasar sopir nyebelin. Biasanya gw bayar 2500 ke sopir lain diem2 aja dia. Gak tau juga, apa mungkin tarifnya emang 3000. Weheheheh, kayaknya sih...
Well, ada pengalaman lain lagi neh... Ceritanya sama, naek angkot dari depan gang kosan gw ke Johar. Tapi yang ini sopirnya maruk. Gak tau diuntung. Sama, begitu gw bayar (kali ini 3000) dan meninggalkan tuh angkot, gw dipanggil sama sopirnya.
Sopir : Mas..
Gw : Apa Pak? (sambil menghampirinya)
Sopir : Dari Sampangan 4000 Mas.
Busyet dah... Biasanya 3000, n kadang2 2500 mau (hehehe). Langsung aja
Gw : Ah, biasanya 2500 mau kok (sambil ninggalin).
Emang, suka gak jelas tarif angkot di sini. Tergantung sopir sih... Hehehhe
Ini dia nih pengalaman yang bikin gw suebel bangetz. Ceritanya gw dari terminal mau ke kosan. Naeklah gw minibus jurusan Terboyo-Penggaron. Ketika si kernet narik duit, gw kasih 3000. Itu emang tarif biasa dari terminal ke Simpang 5. trus timbul percakapan antara kita berdua (*agak lebay).
Kernet : Mas, kurang seribu.
Gw : Biasanya 3000 Pak, udah biasa kok.
Kernet : Simpang 5 4000 Mas, tanya masnya kalo gak percaya (sambil nunjukin orang di depanku).
Gw : Ah, biasanya 3000 kok.
Kernet : Kalo gak mau saya turunin saja Mas (sambil balikin duit gw).
Huh...Suebel banget. Kalo kondisi jalanan gak panas, berdebu, rusak, gw udah turun deh...
emang sih, tadi ada cewe mau ke Simpang 5 bayarnya kurang juga. Si cewe bilang juga : hah, wong Simpang 5 aja kok Pak.
Nyebelin deh si kernet itu. Dikiranya gw gak tau tarif apa. Langsung deh gw inget2 tuh muka si kernet. Begitu turun gw inget juga nomor polisi minibus itu...
Itu cerita tentang tarif angkot, belum kebiasaan sopir angkot yang suka mundurin angkot. Iya, si sopir angkot tuh suka banget mundurin angkot kalo dia lihat orang jalan keluar gang. Begitu liat orang jalan ke luar gang, angkot yang udah maju dimundurin lagi, trus si sopir ngasih kode atau klakson. Sampai si orang tadi ngasih kode "dada" (melambaikan tangan tanda 'tidak'). Baru deh si sopir jalan. Jalannya juga lemot.
Itulah sekelumit kisah angkot di Semarang, kota panas di Pantura (perasaan semua kota di Pantura panas deh, hehehe). Semoga menjadi pelajaran buat temen2 yang mau naik angkot di Semarang (walaupun gw baru tinggal di Semarang juga, *sok tau)..

3 komentar:

  1. di semarang gak ada trans semarang sih..hahay...:P

    BalasHapus
  2. kamu sih pras.. tampangnya pengen ngutang mulu.. :D

    **pis pras**

    BalasHapus
  3. @ ulie : mau ada kok yul... BRT namanya. Semarang gitu loh.
    @ kay : dasar!

    BalasHapus