Senin, 17 Agustus 2009

Kehebohan Menjelang Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Berbagai penyambutan dan segala kehebohan mulai dilakukan, dari kehebohan di televisi yang mau nyajiin acara2 ramadhan, sampai pesta rakyat di beberapa kota. ngomong2 tentang pesta rakyat, di kabupaten tempat rumah gw berada juga ada semacam pesta rakyat menjelang bulan puasa. Tepatnya semacam pasar malam getoh. Namanya festival DANDANGAN. kenapa disebut DANDANGAN? Apa karena banyak yang jualan dandang a.k.a. tempat masak nasi? Hhhmmmm, kurang tau juga sih gw, hehehe. Yang jelas di sini banyak orang jualan celengan, mainan anak2, aksesoris2, dan komedi putar dkk. Pokoknya rame deh..

Well, festival ini diadakan di sekitar masjid menara kudus, satu komplek sama makam Sunan Kudus tiap menjelang bulan puasa. Pernah juga diadakan di GOR Kudus, tapi cuma sekali. Habis itu dipindah lagi ke komplek masjid menara kudus, gak tau kenapa, katanya sih emang harus di situ tempatnya, hehehe... Festival ini baru berakhir setelah bulan puasa datang.

Barang yang WAJIB DIJUAL (*menurut pendapat gw sih, karena barang2 ini selalu ada sih) adalah CELENGAN dan MAINAN PASARAN a.k.a. cobek2an, uleg2an, dll, serta makanannya adalah martabak dan arum manis. Biasanya sih martabaknya gak terlalu enak, mendingan beli di gang 3 aja, hehehe.

Festival ini jelas menimbulkan kemacetan karena pedagang2 pada jualan di pinggir jalan, apalagi jalan2 di Kudus tuh sempit2.. Mendingan kalo ke situ motornya titipin aja di titipan sepeda motor deket2 situ, trus jalan kaki deh. Dijamin lebih bebas karena bisa menjelajah sampai ke tempat2 sempit (kamar keciiiiiil kali).

Jujur gw jarang ke festival itu. Males sih, macet2an gitu. Lagian kalo pas masih di Jakarta malah gak bisa, coz liburnya kan udah menjelang lebaran. Jadinya gak sempet dong ke situ (*padahal males, hehehe). Biasanya yang ke situ sih keluarga yang bawa anak kecil. Pasti suka deh tuh anak diajak ke situ, coz banyak mainan dan komedi putar dkk (*sotoy, emang semuanya suka?)

Bicara tentang DANDANGAN, di Semarang juga ada festival semacam itu, namanya DUGDERAN. Kalo acara ini tempatnya pindah2, dari Polder Tawang sampai tahun ini di komplek Masjid Agung Jawa Tengah. Isinya gak jauh beda sama DANDANGAN, seputar mainan anak2 dan komedi putar gitu deh.

Well, beberapa cerita tadi adalah tradisi menyambut bulan puasa di tempat domisili gw. Lumayan untuk sekedar hiburan di tengah kesibukan sehari2, hehehe (*sok sibuk). Gimana dengan daerah lo?

3 komentar:

  1. ah, brebes kok biasa2 aja sih? bikin heboh dong mil.

    BalasHapus
  2. di aceh adanya meugang, tradisi makan daging sehari sebelum puasa..

    btw rank alexamu masih blum terdefinisi.. 8 tu rankingnya blogger.com.. :D

    BalasHapus